Sabtu, 04 Desember 2010

Pentas ABK di Waduk Gajah Mungkur



WADUK GAJAH MUNGKUR

             Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun di akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk dengan wilayah seluas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen.

ALAMAT : Desa Sendang, Kec. Wonogiri
FASILITAS : Di taman rekreasi ini telah tersedia beberapa sarana wisata antara lain :
- Taman Satwa
- Kolam Renang ( Tarif 2.000,- )
- Mainan anak-anak
- Jet sky
- Perahu ( Tarif 3.000,-/sesuai route)
- Sepeda air
- Sarana olah raga gantole
- Rumah makan terapung (karamba)
- Tempat ibadah, Toilet, Tempat Parkir
- Kereta Kelinci (Tarif Rp 1.500,-/ perjalanan )
- Tiket Naik Gajah Rp 3.500,-/ per orang sesuai route
- Terdapat juga taman rekreasi "Sendang" yang terletak 6 km arah selatan Kota Wonogiri.
TIKET MASUK :
Hari biasa Rp 1.600,-
Hari Libur/besar/Minggu Rp 3.100,-
Paket Lebaran Rp 6.000,-

           Dikawasan obyek wisata ini juga dikembangkan Agrowisata berupa pembudidayaan berbagai jenis ikan tawar.
          Selain itu juga diadakan event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur yang dilaksanakan setiap Hari Raya Idul Fitri selama dua minggu di Obyek Wisata/Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pentas kesenian selama dua minggu berupa pentas orkes melayu, campur sari dll dengan tujuan untuk menghibur masyarakat yang berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Event pariwisata ini dikunjungi tidak kurang oleh 100.000 pengunjung. Gebyar Gajah Mungkur ditutup dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa upacara ritual yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tarian tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri.
         Namun sayangnya tempat wisata ini kurang sesuao bagi penyandang tuna netra karena kekurangan merela, namun meskipun tidak cocok bagi mereka, tempat wisata ini masih cocok untuk dikunjungi bagi anak berkebutuhan yang lainnya.


          Kegiatan rutin yang dilaksanakan di waduk gajah mungkur adalah mengadakan pentas seni pada setiap tahunnya dengan menampilkan beberapa kreasi. Selain sebagai tempat pariwisata bagi anak berkebutuhan khusus karena tempatnya bisa dijangkau dan bisa dimanfaatkan bagi anak berkebutuhan khusus, anak – anak berkebutuhan khusus pun dapat mengekspresikan kreasi dan ketrampilan mereka dalam pentas seni yang didakan di waduk tesebut, jadi masyarakat luar dapat menilai bahwa anak berkebutuhaan khusus juga bisa melakukan dan memiliki keahlian seperti anak normal lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | new york lasik surgery | cpa website design