Kamis, 02 Desember 2010

Wisata Berkuda di Tawangmagu bagi Anak Autis


Di kota Solo terdapat berbagai macam tempat wisata.Namun hanya ada beberapa yang menyediakan assesbilitas bagi anak berkebutuhan khusus.Contohnya tempat wisata alam Tawangmangu.Tawangmangu adalah sebuah tempat plesiran 42 km sebelah Timur kota Solo. Tawangmangu terletak di lereng sebelah Barat Gunung Lawu pada ketinggian 1050 meter dpl.


Tempat wisata ini menyajikan panorama-panorama yang indah dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas wisata lain.wisata berkuda yang ada di sekitar Grojogan sewu merupakan salah satu fasilitas yang dapat menyediakan wisata bagi  anak ABK.Wisata ini cocok sebagai terapi anak autis.Anak autis dapat diajak orang tuanya berkuda dengan hanya membayar Rp25.000,00 selama satu jam,atau Rp 40.000,00 untuk menuju kawasan terjun.Oleh karena itu wisata ini sangat dianjurkan untuk dicoba sebagai terapi yang banyak memberikan sumbangan terhadap perkembangan anak dan cenderung diminati anak autis,karena mereka menganggap berkuda sebagai kegiatan yang menyenangkan,bukan sebagai terapi.Hal ini dibuktikan oleh Dr Temple Grondin.
Dr Temple Grandin, profesor yang fokus pada masalah pengaruh autis terhadap hewan mengatakan hewan memang sering menjadi titik sambungan antara anak autis dan orang normal.
Tatapan mata si kuda dan gerakan tubuhnya begitu menarik perhatian anak autis.
Dalam pelaksanaanya orangtua dianjurkan untuk duduk di belakang anaknya di atas pelana kuda. Hal ini untuk melatih kerjasama dalam kemampuan verbal, dengan memberi perintah sederhana seperti 'siap, mantap, jalan!', tanpa tekanan tatap muka yang sulit bagi kebanyakan anak autis.

Menurut Profesor Grandin, setiap gerakan yang berulang, seperti berkuda, yang mengharuskan seseorang untuk terus-menerus mencari dan menyesuaikan keseimbangan, merangsang wilayah otak yang bertanggung jawab untuk belajar.
Hewan-hewan itu dapat memainkan peran kunci dalam pencapaian anak autistik. Sentuhan sederhana yang tidak menghakimi yang diberikan hewan dapat membawa kenyamanan yang luar biasa dan membantu memecahkan hambatan komunikasi pada anak autis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | new york lasik surgery | cpa website design